Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya


Contoh kaki pecah-pecah Kulit kaki yang nampak pecah tidak cuma kurang enak dilihat, tetapi dapat juga menimbulkan ketidaknyamanan serta rasa ngilu, khususnya waktu Anda berjalan tanpa ada alas kaki. Nah, apa sebenarnya pemicu kaki pecah-pecah serta bagaimanakah cara penjagaan atau penyembuhannya?

Kaki pecah-pecah ialah permasalahan yang umumnya berlangsung di bagian tumit yang awalannya diikuti dengan kulit bersisik serta kering. Terkadang, di bagian ini berasa gatal, ngilu, kemerahan, serta lebam, berdarag, serta bernanah yang mengisyaratkan ada infeksi hingga harus selekasnya diobati oleh dokter.

Permasalahan kulit ini dapat dirasakan oleh siapapun termasuk juga beberapa anak, tetapi terbanyak menggempur wanita. Jika Anda sedang merasakannya, tidak perlu cemas sebab kaki pecah-pecah dapat ditangani dengan beberapa cara yang dapat Anda pilih sesuai dengan situasi.

Apa pemicu kaki pecah-pecah?Pemicu kaki pecah-pecah yang sangat fundamen ialah hilangnya kelembapan kulit hingga kulit jadi kering serta mudah retak. Saat tumit mengembang, contohnya waktu Anda berjalan atau kaki mendesak permukaan yang keras, karena itu kulit luar yang kering serta tidak elastis itu jadi pecah serta berdarah.

Keringnya kulit yang bisa jadi pemicu kaki pecah-pecah sendiri dapat berbentuk beberapa hal, contohnya:

Depresi fisik

Depresi fisik yang disebut untuk pemicu kaki pecah-pecah ialah situasi yang seringkali diterima oleh kaki, contohnya sepatu yang pengap. Situasi lembap serta panas di sepatu dapat menyebabkan hilangnya muatan air pada kulit hingga susunan kulit sisi atas menebal serta mudah pecah.

Unsur umur

Perkembangan hormon serta metabolisme sebab pertambahan umur bisa menyebabkan kulit susunan terluar menebal. Disamping itu, susunan kulit pelindung pada tumit alami penipisan hingga gampang membuat kulit jadi depresi, menebal, serta pada akhirnya pecah.

Penyakit spesifik

Beberapa penyakit dapat jadi pemicu kaki pecah-pecah, seperti diabetes, hipotiroidisme, atau kurang gizi. Penyakit yang mengakibatkan malabsorbsi pencernaan, seperti penyakit Crohn atau celiac, dapat menyebabkan kaki pecah-pecah.

Pemakaian produk kosmetik

Sekarang ini, banyak produk perawatan kaki yang tersebar di pasar. Tetapi, produk yang tidak pas malah bisa mengurangi kelembapan kulit hingga meningkatkan efek kulit kaki pecah-pecah.

Bagaimanakah cara mengobati kaki pecah-pecah?Langkah mengobati kulit pecah-pecah bergantung dari pemicu kaki pecah-pecah tersebut. Tetapi pada dasarnya, memoleskan cream pelembap dengan cara teratur sekitar 2-3 kali satu hari ialah langkah paling efisien untuk kembalikan kelembapan serta fleksibilitas kulit.

Beberapa pelembap memiliki kandungan bahan perontok kulit mati (keratolitik). Beberapa yang lain memiliki kandungan zat penahan muatan air di kulit, seperti urea, asam salisilat, asam alfa-hidroksida, serta saccharide isomerate.

Sebelum memoleskan cream pelembap ini, Anda dapat juga menggosokannya kulit kaki yang kering dengan batu spesial supaya kulit kering berjatuhan. Bila kaki pecah-pecah Anda berasa ngilu, Anda dapat juga membebatnya dengan perban untuk percepat pengobatan.


Bila perawatan ini tidak membawa hasil dalam 1 minggu, atau bila pemicu kaki pecah-pecah ialah penyakit bawaan, Anda kemungkinan harus berkunjung ke dokter. Perawatan yang dapat dilaksanakan dengan pertolongan dokter ialah:

Pengelupasan, yaitu mengikir kulit yang sudah keras dengan alat spesial. Cara ini seharusnya cuma dilaksanakan dengan pertolongan karieronal untuk hindari pengelupasan kulit yang terlalu berlebih hingga memunculkan infeksi.

Memoleskan cream dengan jumlah semakin tinggi atau antibiotik.

Membebat kaki pecah-pecah dengan perban,

[[artikel-terkait]]

Langkah menahan kulit kaki pecah-pecahKaki kering serta pecah-pecah riskan jadi makin kronis waktu musim kemarau. Oleh karenanya, Sebaiknya anda lakukan beberapa cara penjagaan, misalnya:

Pakai pelembap kaki dengan cara teratur, contohnya yang memiliki kandungan gliserin, dimethicone, asam laktat, urea, hyaluronic acid, lanolin, petrolatum, serta minyak mineral.

Jauhi pemakaian produk yang tidak ramah untuk kulit, contohnya sabun keras serta memiliki kandungan minyak wangi.

Pakai sepatu dengan tumit tertutup.

Kulit kaki pecah-pecah dapat dihindari serta ditangani dengan memakai pelembap. Tetapi, bila pemicu kaki pecah-pecah Anda sebab permasalahan klinis spesifik, seharusnya tidak tunda untuk lakukan kontrol ke dokter.

Postingan populer dari blog ini

Punya Garis Hitam di Kuku? Ini Kemungkinan Penyebabnya

5 Kandungan Masker Wajah Pria yang Baik untuk Kulit